Beranda

Kontak

Kontribusi

 

Tahukah Anda...

Titik Nol Jakarta terletak di Menara Syahbandar, sepelemparan batu dari Museum Bahari. Dari Taman Fatahillah, Museum Bahari dapat dicapai dengan ojek sepeda.

 

Kategori Museum

 

  Arkeologi (6)

 

  Benteng (2)

 

  Biologi (8)

 

  Geologi (3)

 

  Lain-lain (4)

 

  Militer (4)

 

  Negeri/Daerah (15)

 

  Pribadi (5)

 

  Sejarah (13)

 

  Seni (7)

 

  Tokoh (11)

 

  Transportasi (2)

   
Publikasi Terkini
 
Pencarian
 

  
Berlangganan Berita
 

  



Koleksi Museum Serangga dan Taman Kupu, TMII, Jakarta

 

Museum Bank Rakyat Indonesia

Pengantar | Komentar | Galeri Foto


BRI_museum.jpg

MUSEUM BANK RAKYAT INDONESIA

 

Museum BRI terletak di Purwokerto, Jawa Tengah, terdiri dari tiga monumen yaitu Gedung Replika, Patung Raden Aria Wirjaatmadja, Gedung Museum BRI. Selain tiga monumen tersebut, untuk mengenang dan melanjutkan semangat pendirinya pada Museum BRI ini pun dilengkapi dengan Unit Pelayanan yang terdapat di dalam Gedung Museum. Lokasi ketiga monumen ini berada dalam satu halaman, sesuai dengan ketika pertama kali bank De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren beroperasi pada tahun 1895.

 

Gedung Bank Priyayi
Bangunan seluas 31 meter persegi ini merupakan kantor tempat De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren memulai operasinya yang pertama kali, yaitu pada 16 Desember 1895. Walaupun bangunan ini telah mengalami renovasi namun bentuk dan letaknya dibuat tepat sama seperti aslinya. Bahkan dalam renovasi ini hanya dindingnya saja yang menggunakan batubata baru, sedangkan kosen-kosen atap, jendela, pintu, langit-langit, dan atapnya masih memakai bahan yang asli.

Bangunan kantor ini dibagi menjadi dua bagian yaitu ruang dalam dan teras. Ruang dalam merupakan ruang kerja Raden Aria Wirjaatmadja, sedangkan teras merupakan tempat pembantunya menerima atau melayani para nasabahnya.

 

Monumen Raden Aria Wirjaatmadja
Untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa Raden Aria Wirjaatmadja sebagai pencetus gagasan mendirikan bank, didirikanlah sebuah monumen berupa patung Raden Aria Wirjaatmadja. Patung ini terletak di sebelah kanan gedung replika dan dikelilingi oleh sebuah kolam kecil.

Wirjaatmadja lahir dari pasangan Raden Ngabehi Dipadiwirja (Kepala Demang Prajurit Ayah) dengan ibu anak dari Mas Ngabehi Kertajaya (seorang Kliwon di Surakarta) di Adireja ibukota daerah Ayah Kabupaten Banyumas pada bulan Agustus 1831. Pada usia 21 tahun beliau sudah bekerja menjadi juru tulis kontrolir Belanda di Banjarnegara.

Dua tahun kemudian Wirjaatmadja menjabat mantri polisi, selanjutnya menanjak sebagai wakil wedana (1863), wedana definitif di Batur (1866), wedana Adireja (1873), wedana Karesidenan Banyumas (1875), dan Patih Purwokerto (1879). Jabatan ini dipegang hingga pensiun pada tahun 1907.

Selain dikenal sebagai Patih Purwokerto, Raden Aria Wirjaatmadja dikenal juga sebagai peletak dasar dan pendiri bank di Indonesia, yang juga menjadi cikal bakal dari Bank Rakyat Indonesia.

 

Gedung Museum
Gedung Museum BRI terdiri dari dua lantai, yaitu lantai atas dan lantai dasar. Lantai atas menginformasikan mengenai sistem keuangan dan cikal bakal sistem perbankan di Indonesia yang ditampilkan dengan patung kuwera, mata uang yang pernah dipakai di Indonesia, dan wadah penyimpanan uang tradisional. Selain itu, pada ruang ini juga terdapat koleksi Raden Aria Wirjaatmadja dan diorama yang menggambarkan awal mula gagasan pendirian bank.

Sedangkan di lantai dasar berusaha menginformasikan sejarah perjalanan BRI semenjak berdirinya sampai dengan keberadaannya saat ini. Koleksi yang ditampilkan dalam ruang pameran lantai dasar antara lain akta-akta pendirian, peralatan dan mesin-mesin, foto-foto direksi dan kegiatannya, dokumen-dokumen, serta sarana simulasi.

Disamping itu, museum ini juga dilengkapi dengan sarana perpustakaan yang tidak saja mempunyai koleksi buku-buku yang berkaitan dengan kegiatan operasional BRI di masa lalu dan saat ini, melainkan juga buku-buku dan bahan bacaan masa kini. Perpustakaan Museum BRI dibuka untuk umum pada setiap hari kerja.

Sumber: Museum Bank Rakyat Indonesia, 1991

 

Alamat:
MUSEUM BANK RAKYAT INDONESIA
Jl. Bank
Purwokerto

http://brimuseum.blogspot.com

Jam Kunjungan:
Minggu-Kamis 09.00 - 14.00

Tiket:
Gratis

 

 

 
  Copyright © 2009 Museum Indonesia. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.