Beranda

Kontak

Kontribusi

 

Tahukah Anda...

Museum Serangga, TMII, Jakarta memiliki awetan kering kupu-kupu Papilio blumei yang disebut-sebut karena keindahannya dalam "Laskar Pelangi"

 

Kategori Museum

 

  Arkeologi (6)

 

  Benteng (2)

 

  Biologi (8)

 

  Geologi (4)

 

  Lain-lain (5)

 

  Militer (4)

 

  Negeri/Daerah (18)

 

  Pribadi (6)

 

  Sejarah (13)

 

  Seni (7)

 

  Tokoh (13)

 

  Transportasi (2)

   
Publikasi Terkini
 
Pencarian
 

  
Berlangganan Berita
 

  



Museum Pandji Tisna, Singaraja, Bali

 

Museum Gedong Arca

Pengantar | Komentar | Galeri Foto


arkeo_membaca_lontar1.jpg

MEMBACA LONTAR

SEJARAH PENDIRIAN

Museum Gedong Arca (Museum Arkeologi) berawal dari gagasan Profesor Soejono dan Soekarto Atmojo, mantan Kepala Dinas Purbakala Bali, untuk memperkenalkan benda cagar budaya (BCB) yang telah dikumpulkan sejak berdirinya Jawatan Purbakala pada tahun 1950. Museum kemudian resmi berdiri pada tanggal 14 September 1974.


BANGUNAN MUSEUM

Pembagian halaman Museum Gedong Arca mengikuti pola bangunan pura yang terdiri dari tiga bagian, yakni: halaman luar (jaba sisi), halaman tengah (jaba tengah), dan halaman dalam (jeroan). Di halaman luar terdapat sebuah wantilan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan. Di halaman tengah terdapat lima gedung yang berfungsi sebagai ruang pameran. Di halaman dalam terdapat delapan balai pelindung dengan fungsi yang sama.

 

KOLEKSI MUSEUM

Koleksi Museum terdiri dari dua kelompok, yakni BCB dari masa prasejarah (zaman batu-zaman perunggu) dan masa sejarah (abad VIII hingga abad XV Masehi).

 

arkeo_hal_tengah.jpg

JABA TENGAH (HALAMAN TENGAH)

1. KOLEKSI DI HALAMAN TENGAH

GEDUNG A: koleksi dari zaman prasejarah berupa alat-alat batu seperti kapak genggam, kapak perimbas, kapak lonjong, alat-alat dari batu kecil berbentuk mata panah yang disebut mikrolith. Semua alat ini pada masanya digunakan untuk berburu dan mengumpulkan makanan. Selain itu terdapat koleksi benda-benda aksesoris berbahan perunggu seperti gelang, cincin, tajak, dan benda lainnya yang berfungsi sebagai bekal kubur.

GEDUNG B: koleksi BCB hasil eskavasi situs Gilimanuk pada tahun 1961, 1962, 1963, berupa tempayan, periuk, fosil tengkorak kera, dan lain-lain, yang merupakan peninggalan masa prasejarah.

GEDUNG J: koleksi keramik Cina yang berdasarkan ciri dan bahannya diperkirakan berasal dari abad X-XVIII (masa Dinasti Ming, Song, Qing).

GEDUNG K: koleksi dari masa sejarah, berupa stupika tanah liat yang memuat mantra agama Buddha. Tulisan pada stupika menunjukkan kesamaan dengan tulisan yang terdapat pada ambang pintu Candi Kalasan yang berangka tahun 778 M. Koleksi lain berupa benda-benda perunggu seperti lampu, arca, prasasti, mata uang, dan alat-alat upacara yang diperkirakan berasal dari abad XIV-XV.

 

arkeo_s_trapesium.jpg

SARKOFAGUS


2. KOLEKSI DI HALAMAN DALAM

Di sini terdapat Balai Pelindung C,D,E,F,G,H, I. Koleksi yang dipamerkan berupa sarkofagus dan tempayan yang berasal dari temuan dari seluruh wilayah Bali, dan merupakan koleksi unggulan Museum Gedong Arca.

Sarkofagus adalah peninggalan masa perundagian (megalitik), merupakan peti batu yang berfungsi sebagai wadah kubur pada masa prasejarah. Orang-orang yang dikubur dalam sarkofagus kemungkinan memiliki status sosial tinggi seperti kepala suku. Koleksi yang ada diperkirakan berumur antara 2.000-2.500 tahun.

 

arkeo_balai_L.jpg

BALAI PELINDUNG L

BALAI PELINDUNG L (di depan Padmasana): koleksi yang dipamerkan berupa Arca Dwarapala, Lingga, Arca Ganesha, dan fragmen arca. Koleksi ini merupakan peninggalan yang ditemukan di lingkungan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Bali sekitar tahun 1950-an.

BALAI PATOK: Koleksi dari masa sejarah berupa replika Arca Bhatari Mandul, Arca Nandi, Stupika Candi Pegulingan, Prasasti Blanjong (tahun 839 Caka/917 M), Prasasti Candi Tebing Gunung Kawi (abad XI M), Prasati Sawo Gunung (Pura Pengukur-ukuran), Candra Sengkala Pura Penataran Blusung, dan beberapa buah arca yang berasal dari abad XIII Masehi.

 

Sumber: Brosur "Museum Gedong Arca"

 

Alamat:
MUSEUM GEDONG ARCA (MUSEUM ARKEOLOGI)
Jl. Raya Tampaksiring, Bedulu, Blahbatuh
Bali

Telp. 0361-942 347
Fax. 0361-942 354

http://www.purbakalabali.com

Jam Kunjungan:
Senin - Kamis 08.00-15.00
Jumat 08.00-12.30
Sabtu - Minggu 09.00-14.00

Tiket:
Donasi

 

 

 
  Copyright © 2009 Museum Indonesia. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.