Beranda

Kontak

Kontribusi

 

Tahukah Anda...

Museum Masjid Agung Demak memiliki 'Tafsir Al-Qur'an Juz 15-30' tulisan tangan Sunan Bonang.

 

Kategori Museum

 

  Arkeologi (7)

 

  Benteng (3)

 

  Biologi (9)

 

  Geologi (4)

 

  Lain-lain (8)

 

  Militer (4)

 

  Negeri/Daerah (19)

 

  Pribadi (7)

 

  Sejarah (14)

 

  Seni (7)

 

  Tokoh (14)

 

  Transportasi (3)

   
Publikasi Terkini
 
Pencarian
 

  
Berlangganan Berita
 

  



Museum Bahari Yogyakarta

 

Kumpulan Berita Museum

Aceh Dirikan Museum Batu Giok Pertama di Indonesia
12-02-2015

TEMPO.CO, Banda Aceh - Seorang warga Banda Aceh, Muhammad Usman alias Abu Usman berinisiatif mendirikan Museum Giok Aceh. Museum kemudian diresmikan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf pada Selasa malam, 3 Februari 2015. Museum yang berisi ratusan koleksi batu giok dan batu perhiasan lainnya dibuka untuk umum.

 

Museum batu giok terletak di Jalam Khairil Anwar Nomor 15 Peunayong, Banda Aceh. "Kita berharap museum ini menjadi pusat riset ke depan," ujar Adhi S Madjid, Ketua Panitia peresmian Museum Giok Aceh.

 

Menurutnya, dengan adanya museum tersebut, batu Aceh terutama giok semakin dikenal dunia dan Aceh menjadi destinasi wisata batu di Indonesia. Koleksi batu di museum juga akan terus ditambah, sekaligus menyediakan berbagai informasi seputar batu perhiasan.

 

Pemilik Museum, Abu Usman mengatakan museum batu giok tersebut merupakan yang pertama di Indonesia. "Batu (giok) idocrase Aceh termasuk batu nomor satu di dunia, memiliki kualitas yang sangat bagus," ujarnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf juga melantik Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengusaha Batu Aceh (DPP-APBA). Duduk sebagai Ketua Umum Muhammad Usman (Abu Usman), Sekretaris Jenderal Zulfikar dan Bendahara Adhi S Majid.

 

Dia berharap, komunitas APBA dan keberadaan Museum Giok Aceh dapat meningkatkan kreativitas rakyat Aceh pada seni batu lokal, sehingga seni batu tidak hanya menjadi ciri khas daerah, tapi juga menjadi sumber ekonomi dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. "Kalau dulu karya seni ini hanya sebatas hobi, kini berkembang menjadi sumber ekonomi baru, menjadi sumber mata pencarian masyarakat,"katanya.

 

ADI WARSIDI
Rabu, 04 Februari 2015 | 13:25 WIB

http://www.tempo.co/read/news/2015/02/04/058639847/Aceh-Dirikan-Museum-Batu-Giok-Pertama-di-Indonesia

 

---

« Berita sesudahnya   |   Berita sebelumnya »

 

 
  Copyright © 2009 Museum Indonesia. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.