Beranda

Kontak

Kontribusi

 

Tahukah Anda...

Lembu Suana merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara yang dibuat di Birma pada tahun 1855 dengan bahan dari perunggu kepal (Museum Mulawarman, Tenggarong, Kalimantan Timur).

 

Kategori Museum

 

  Arkeologi (6)

 

  Benteng (2)

 

  Biologi (8)

 

  Geologi (4)

 

  Lain-lain (5)

 

  Militer (4)

 

  Negeri/Daerah (18)

 

  Pribadi (6)

 

  Sejarah (13)

 

  Seni (7)

 

  Tokoh (13)

 

  Transportasi (2)

   
Publikasi Terkini
 
Pencarian
 

  
Berlangganan Berita
 

  



Museum Joglo Ciptowening, Imogiri

 

Kumpulan Berita Museum

Museum Purbakala Pleret, Wajib Dikunjungi
01-11-2014

TAK banyak orang yang mengetahui jika Yogyakarta salah satu kota yang memiliki museum cukup banyak. Tidak kurang 30 museum bertebaran di seluruh penjuru wilayah, baik yang dikelola pemerintah, swasta maupun pribadi.

Salah satu museum yang mungkin belum banyak mendapat ekspos adalah Museum Purbakala Pleret. Museum yang terletak di Jalan Raya Pleret, Kecamatan Pleret, Bantul ini didirikan tahun 2004 di sebidang tanah seluah luas 2.500 meter persegi.

Gempa besar yang menerpa Bantul dan sekitarnya merusak beberapa bangunan museum ini. Tahun 2007 renovasi bangunan yang mengalami kerusakan dilakukan dan dilanjutkan pembangunan beberapa bangunan gedung baru.

Meski belum diresmikan, namun Museum Purbakala Pleret sudah terbuka untuk umum. Susanto (57), koordinator Museum Purbakala Pleret mengatakan, museum ini masuk dalam daftar wajib kunjung museum yang dicanangkan Dinas Kebudayaan Propinsi DIY sejak 14 Maret 2013. “Melalui program wajib kunjung museum semakin banyak pelajar di Yogyakarta yang mengenal Museum Purbakala Pleret,” kata Susanto.

Banyak hal yang dapat dipelajari para siswa dengan mengunjungi Museum Purbakala Pleret. Paling tidak, dengan mengunjungi museum ini para siswa mengetahui bahwa kurang lebih 1600 tahun yang lalu di tempat itu pernah berdiri Kraton Pleret yang megah dan luas.

Di lokasi yang dulunya berdiri Kraton Pleret itu masih dapat ditemukan sisa-sisa Masjid Agung, Sumur Gumuling, Siti Hinggil dan sebagainya. Selain itu, di museum ini disimpan benda-benda purbakala yang berusia ratusan tahun, seperti arca Jambhala yang ditemukan di situs Candi Gampingan.

Indra (27), edukator Museum Purbakala Pleret yang menemani krjogja.com berkeliling museum mengatakan, Arca Jambhala adalah koleksi museum yang termasuk paling tua. “Arca Jambhala adalah maskot Museum Pleret,” katanya. (Suparyakir)

Ivan Aditya | Kamis, 30 Oktober 2014 | 10:58 WIB

http://krjogja.com/read/235699/museum-purbakala-pleret-wajib-dikunjungi.kr


---

« Berita sesudahnya   |   Berita sebelumnya »

 

 
  Copyright © 2009 Museum Indonesia. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.